Friday, March 25, 2011

Quis Kepribadian


Quis Kepribadian

Untuk menolong Anda mengenali diri sendiri melalui temperamen, maka dibawah ini ada beberapa pernyataan. Tugas Anda melingkari nomor pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan kecenderungan atau keadaan Anda :
1.            Saya memiliki suasana perasaan selalu penuh harapan.
2.            Semua hal yang bersangkutan dengan diri saya adalah penting, dan saya selalu merasa syak wasangka atau bimbang tentang hal itu.
3.            Saya sering merasa mudah terbakar (dalam emosi) tetapi juga lekas padam atau tenang, tanpa membenci.
4.            Orang lain menilai saya lambat menjadi panas (dalam emosi) tetapi panasnya tahan lama.
5.            Saya sering memikirkan segala sesuatu pada segi kesukaran-kesukarannya.
6.            dalam menghadapi segala sesuatu, saya sering mengambil tindakan-tindakan secara cepat, tetapi tidak konstan.
7.            Orang lain menilai saya mudah mengabaikan setiap usaha.
8.            Menurut saya segala sesuatu pada suatu waktu tertentu adalah penting, tetapi sebentar kemudian tidak perlu saya pikirkan lagi.
9.            Orang lain menilai saya selalu sibuk, tetapi dalam kesibukan itu saya lebih suka memerintah daripada mengerjakannya sendiri.
10.        Menurut penilaian orang lain, saya sering tidak peka/tanggap terhadap keadaan sekeliling saya.
11.        Saya sering mudah berjanji pada orang lain tetapi jarang menepatinya. Karena saya tidak memikirkannya secara mendalam apakah dapat saya tepati atau tidak.
12.        Saya merasa tidak mudah membuat janji pada orang lain.
13.        Menurut orang lain, meskipun ada alasan yang kuat untuk bertindak, saya sering tidak terangsang untuk bertindak.
14.        Menurut penilaian orang lain, saya tergolong senang menolong orang lain tetapi tidak dapat dipakai sebagai sandaran.
15.        Saya selalu berusaha menepati janji karena kalau tidak menepatinya, jiwa saya risau.
16.        Saya merasa memiliki ambisi, terutama untuk mengejar kehormatan.
17.        Orang lain menilai saya sebagai orang yang ramah dan periang.
18.        Saya sering merasa kurang percaya pada orang lain.
19.        Saya suka dipuji orang lain secara terang-terangan.
20.        Saya sering merasa jemu dan mengantuk.
21.        Saya sering kurang suka melihat kesenangan orang lain.
22.        Di mata orang banyak, saya suka nampak sibuk.
23.        Saya menyukai kehidupan dan lingkungan tempat saya berada.
24.        Kalau melakukan kesalahan, saya sujkar bertaubat.
25.        Saya suka bermurah hati dan melindungi, untuk mendapat penghargaan atas tindakan itu.
26.        Saya hanya memandang hidup ini secara acuh tak acuh, tanpa terangsang untuk mengubah dan memperbaiki keadaan lingkungan.
27.        Bila melakukan kesalahan, saya menyesal tetapi rasa sesal tersebut lekas lenyap.
28.        Saya sering terpaku pada kesan dan ingatan tertentu, terlebih bila itu adalah ingatan sedih dan menyakitkan.
29.        Saya sangat mencintai keadaan yang penuh kedamaian dan keharmonisan.
30.        Saya merasa senang melakukan kegiatan yang bersifat permainan atau hiburan.
31.        Menurut orang lain bahwa saya termasuk orang yang tertutup dan suka murung.
32.        Saya selalu berpakaian cermat dan rapi agar nampak lebih cendekia daripada yang sebenarnya.
33.        Bila bertemu orang lain, saya sering terlebih dahulu yang memulai untuk menjalin keakraban.
34.        Dari kecil sampai sekarang, saya memiliki sedikit teman, tetapi saya berusaha mempertahankannya dengan baik.
35.        Saya sering merasa senantiasa siap untuk bertindak dan tidak suka menunda-nunda suatu tugas.
36.        Saya cenderung tidak mudah marah dan tidak berkeinginan untuk membalas dendam.
37.        Saya sering kurang puas dengan kehidupan sekarang dan cenderung senantiasa memikirkan masa lampau dan akan datang.
38.        Saya sedikit saja menaruh minat pada perkara-perkara keindahan.
39.        Bila menghadapi bahaya, saya cenderung mempertimbangkan setiap resiko dan kemudian memilih cara yang teraman dan sederhana untuk menghadapinya.
40.        Saya merasa mampu menyelami perasaan dan pikiran orang lain.
41.        Orang lain menilai saya memiliki watak yang tegas.
42.        Orang lain menilai saya dingin dan tanpa keinginan.
43.        Saya cenderung tidak membatasi hidup ini dengan berbagai aturan dan tata cara yang rumit.
44.        Saya cenderung menguji dan menilai segala sesuatu dengan standard norma-norma yang merupakan nilai idealisme saya.
45.        Orang lain menilai saya sebagai orang yang praktis, tidak berbelit-belit.
46.        Orang lain menilai saya sebagai orang yang cenderung malas.
47.        Saya cenderung berpikir dan bertindak realistis, memperhatikan peristiwa dan kehidupan masa sekarang.
48.        Orang lain menilai saya sebagai orang yang sensitive/memiliki kepekaan yang kuat.
49.        Banyak orang berpendapat bahwa suasana menjadi hangat kalau saya hadir di tengah-tengah mereka.
50.        Saya berpendirian bahwa semua pekerjaan akan saya kerjakan dengan seksama.
51.        Tantangan hidup bagi saya justru sebagai pendorong untuk semakin maju.
52.        Saya suka mendamaikan orang yang berselisih.
53.        Saya memiliki kecenderungan kurang setia dalam membina persahabatan dengan orang lain.
54.        Saya selalu menikmati segala sesuatu lebih jauh daripada apa yang dapat saya ungkapkan.
55.        Saya cenderung tidak membiarkan diri terkatung-katung dalam segala hal dan keadaan.
56.        Saya cenderung mampu mempertimbangkan segala persoalan dengan hati yang dingin.
57.        Intensi rohani saya cenderung mudah dibangkitkan.
58.        Saya merasa memiliki pribadi yang sensitive.
59.        Saya cenderung Cuma berniat pada hal-hal praktis dan berfaedah saja.
60.        Saya cenderung tertarik pada segala sesuatu yang mudah dikerjakan.
61.        Saya menyukai tindakan-tindakan yang bersifat spontanitas.
62.        Saya merasa cocok untuk segala bentuk pekerjaan intelektual, pekerjaan yang penuh kreatifitas, sebagai pengarang dan pemikir.
63.        Saya cenderung dengan sigap dan tanpa ragu sedikitpun untuk mengambil keputusan.
64.        menurut orang bahwa saya cenderung mengamati orang-orang dan suasana dengan tenang dan tajam, jauh lebih tajam daripada pengamatan orang lain.
65.        Saya senang menceritakan pengalaman hidup saya kepada orang lain.
66.        Saya lebih senang menyendiri.
67.        Bagi saya lebih penting bertindak, mencapai sasaran dan tujuan daripada berlaku adil.
68.        Saya merasa memiliki pikiran yang bebas dan luas.
69.        Saya merasa memiliki perasaan yang mudah berubah.
70.        Saya cenderung mudah tersinggung dan agak angkuh.
71.        Ada kecenderungan dalam diri saya untuk menghalalkan segala keadaan di luar.
72.        Saya cenderung tidak mudah mengeluh dan tergoncangkan oleh keadaan luar.
73.        Saya cenderung mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.
74.        Saya cenderung menguji dan mengevaluasi diri sendiri secara mendalam.
75.        Saya cenderung cepat bertindak dan mampu menggerakkan orang lain untuk bertindak.
76.        Saya cenderung dapat merelakan tindakan dan perkataan saya bagi orang lain.
77.        Saya merasa hidup ini tanpa arah dan tujuan.
78.        Saya cenderung tidak suka berbasa-basi.
79.        Saya cenderung sulit melupakan kekecewaan dan penghinaan yang dilakukan orang lain.
80.        Dalam melaksanakan tugas, saya cenderung sedikit menggunakan tenaga dan usaha.

Setelah Anda pilih dengan cara melingkari, tugas Anda sekarang menilai pilihan tersebut dengan ketentuan sebagai berikut ; Anda berkecenderungan/didominir oleh temperamen :
a.       Sanguin, bila sekurang-kurangnya 60% pilihan Anda pada nomor-nomor sebagai berikut : 1, 8, 11, 17, 24, 27, 30, 33, 40, 43, 47, 49, 53, 57, 61, 65, 69, 73, 77.
b.      Melankolik, bila sekurang-kurangnya 60% pilihan Anda pada nomor-nomor sebagai berikut : 2, 5, 12, 15, 18, 21, 28, 31, 34, 37, 44, 48, 50, 54, 58, 62, 66, 70, 74, 78.
c.       Kolerik, bila sekurang-kurangnya 60% pilihan Anda pada nomor-nomor sebagai berikut : 3, 6, 9, 16, 19, 22, 25, 32, 35, 38, 41, 45, 51, 55, 59, 63, 67, 71, 75, 79.
d.      Flegmatik, bila sekurang-kurangnya 60% pilihan Anda pada nomor-nomor sebagai berikut : 4, 7, 10, 13, 20, 23, 26, 29, 36, 39, 42, 46, 52, 56, 60, 64, 68, 72, 76, 80.

Contoh : Bila Anda memilih pada nomor : 1, 8, 11, 14, 17, 24, 27, 30, 33, 40, 43, dan 2, 9, 13, 15, 22, berarti Anda tergolong cenderung Sanguin.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More