Friday, March 25, 2011

MEMBANGUN KEKOMPAKAN DALAM KELOMPOK


Untuk menciptakan kekompakan dalam sebuah kelompok memang diperlukan sebuah pembagian peranan dari masing-masing anggota dan mengenal karakteristik anggotanya. Apabila beberapa hal tersebut masih diabaikan maka tidaklah sulit untuk memprediksi sebuah kelompok tersebut akan berjalan awet atau tidak berjalan sebagaimana mestinya dan menimbulkan banyak kekacauan. Berikut peranan yang diambil dalam sebuah kelompok :

  1. Peran Pengisi : usaha-usaha untuk mencapai kelengkapan proses dalam kelompok.
  2. Memprakarsai : mengusulkan tugas, tujuan, dan aksi, merumuskan permasalahan kelompok, menyarankan prosedur.
  3. Memperjelas : memperjelas ide atau saran, mendefinisikan istilah-istilah, menguraikan dengan jelas satu masalah di depan kelompok.
  4. Menyimpulkan : mengelompokkan ide-ide yang berkaitan, mengulangi lagi usul-usul, menyarankan keputusan atau kesimpulan untuk dibahas dalam kelompok.
  5. Menguji dengan realitas : membuat analisis kritis terhadap sebuah ide, menguji idea tau kesimpulan dengan menghadapkannya pada data-data, mencoba melihat apakah penyelesaian atau keadaan dapat berjalan.
  6. Peran menjaga : usaha-usaha untuk menjaga agar proses dalam kelompok dapat berjalan dengan lancer dan efektif.
  7. Kerukunan : berusaha menyatukan perbedaan pendapat, mengurangi ketegangan yang timbul, mendorong peserta untuk menyelidiki perbedaan-perbedaan mereka.
  8. Penjaga pintu: membantu agar pintu-pintu komunikasi tetap terbuka, mendorong keterlibatan peserta lainnya. Menyarakan prosedur yang member kemungkinan bagi peserta untuk menyumbangkan idenya.
  9. Memancing kesepakatan : melontarkan pertanyaan untuk melihat apakah kelompok telah siap untuk mengambil keputusan, melemparkan usulan, kesimpulan untuk mencoba satu kesimpulan yang mungkin bisa disepakati oleh kelompok.
  10. Menimbulkan keberanian : Bersikap bersahabat, hangat, tanggap pada yang lain, menampakkan tanda-tanda melalui ekspresi wajah atau pujian terhadap penerimaan seseorang akan sumbangan anggota lain.
  11. Mencari jalan tengah : menyodorkan jalan tengah apabila idea tau posisi seseorang dipertaruhkan dalam situasi bertentangan, mengakui kesalahan, menggubah pendirian berdasarkan kepentingan pertumbuhan dan kekompakan kelompok.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More