Friday, March 25, 2011

Selamat datang Bromelia cantikku

Berawal dari kering dan gersangnya teras depan kos yang kutinggali di Denpasar membuatku ingin  sekali menaburinya dengan pot2 yang berisi tanaman-tanaman yang cantik, awet dan gak merogoh kocek yg banyak, maklum hidup di perantauan memang harus mikir2 dulu tentang budget yang harus dikeluarkan dan yang penting bisa tercapai dech keinginan itu.
Sore-sore jalan-jalan sepeda motoran di daerah Renon terdapat jejeran stand bunga yang cantik-cantik. Kebanyakan dari stand tersebut menjual berbagai macam tanaman hias untuk lanscape ataupun untuk koleksi pribadi. menikmati deretan tanaman hias itupun sudah membuatku senang. Semoga besok kalau punya rumah harus banyak tanaman. :)
Dari deretan stand tersebut ada salah satu tanaman yang menarik perhatianku......bunganya merah aneh menjulur kayak ular kobra. dan daunnya pun hijau segar. Kudatangi stand tersebut dan menanyakan tanaman apa itu. Kata pegawainya itu tanaman namanya Guz Mania. Cuman dari awal ngrasa aneh saja dengan nama itu, maklumlah bukan penggemar tanaman hias banget. Kok namanya mirip2 Gus Dur ya? Apalagi ada mania di belakangnya. Apa mungkin pegawainya tuh ngefans ma Gus Dur kali. Hahhahaha...Sambil nanya perawatannya dalam hati ku tertawa terbahak-bahak. Dari segi harga lumayanlah, dari 50 ribu  tak tawar jadi 30 ribu. Jadi dech ku bawa pulang tuh bunga.Sesampainya di rumah kuletakkan dulu itu tanaman di dekat jejeran tanamanku yang lain. Sambil membuka laptopku kuingin tahu lebih dalam mengenai Si Guz ini dari internet. Sebenarnya sih bisa di toko buku Gramedia cuman sudah sore dan kadang males keluar lagi. 
Ku browsing-lewat google nama Guzmania itu tapi ternyata ku salah ketik dari tadi. yang keluar Gus Dur. Hehehhe.... akhirnya dapat tuh informasi yang kumaui dari http://www.bromeliad-plants.com/index.php
ternyata setelah membacanya Gusmania itu termasuk dari familinya Bromelia yang banyak macamnya. Berikut nih terjemahan bebasnya.
Sejarah Bromelia

Varietas Bromelia sebagai bagian dari flora dan fauna diketahui telah ada sejak 65 juta tahun yang lalu. Asal muasal tanaman ini berasal dari Amerika Selaan, dekat dataran tinggi Andes. Fosil fosil yang ditemukan mengungkapkan bahwa Bromelia African telah lebih banyak dikembangkan daripada Bromelia America. Tanaman ini dibawa ke Eropa oleh bangsa Spanyol dengan bentuknya seperti nanas yang sangat eksotis.Tanaman ini kemudian berkembang popularitasnya di seluruh dunia dan banyak pula digunakan manusia sebagai makanan, sebagai tanaman hias, dan digunakan seratnya untuk berbagai macam keperluan.

Sedikit banyak mengenai Bromelia

 Spesies Bromelia ini dapat dilihat mempunyai varietas yang banyak. Tanaman ini kokoh dapat beradaptasi dengan iklim apapun dan dapat tumbuh baik di dalam ruangan dan luar ruangan.
 Tanaman ini meewati beberapa fase hidup seperti menyediakan dedaunan yang indah, pemekaran dan reproduksi sederhana. Daun mereka memiliki bentuk yang berbeda-beda, dari rel yang tipis sampai yang lebar, dari teratur sampai yang simetris dan lembut. Bunga-bunga yang dihasilkan oleh tanaman bromeliad juga memiliki berbagai beragam bentuk, dan  beberapa cluster mencapai ketinggian 10 meter sementara yang lain tetap sangat kecil dalam rentang 2-5mm.

Perbedaan yang serupa juga dapat dilihat dari sistim akar dari berbagai macam tipe Bromaliad. Beberapa varietas mempunyai sistim akar yang rumit dan tebal yang dapat dengan mudah menyimpan air sedangkan di sisi lain Tanaman Bromeliad Epiphytic memiliki akar yang lunak dan dapat menempel pada tanaman lain ataupun bebatuan di lingkungan tempat dia tinggal.

Keistimewaan dari tanaman bromelia ini adalah bahwa bunga mereka mekar hanya sekali dalam seumur hidup mereka dan begitu menariknya warna yang muncul ketika mereka merekah atau berbunga. Merekahnya bunga ini terlihat dalam nuansa cerah dan selama masa berbunga ini daun atas dari tanaman bromeliad juga mengubah warna mereka sesuai denganwarna mekarnya, yang membuat penampilan tanaman ini menjadi lebih mencolok. Beberapatanaman Bromelia yang tidak dapat mekar, ditempatkan dalam kantong plastik dengan apel! Gas Ethylene dipancarkan oleh apel merangsang proses pemekaran. Bromeliad tanamantumbuh terbaik di cuaca tropis khas yang panas dan lembab. Nah, ternyata mudah juga memeliharanya jadi tidak salah kalau kurekomendasikan untuk memeliharanya di rumah sebagai hiasan di depan teras dan mempercantik ruangan....

1 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More